Kamis, 21 Juli 2016

MALARI, KESAKSIAN SEORANG JURNALIS ANTI ORDE BARU, KARYA JOPIE LASUT.

BUKU SEJARAH DAN BIOGRAFI SEORANG WARTAWAN DALAM PERISTIWA MALAPETAKA 15 JANUARI 1974, " MALARI, KESAKSIAN SEORANG JURNALIS ANTI ORDE BARU / MELAWAN SOEHARTO DAN BARISAN JENDERAL ORBA ", KARYA JOPIE LASUT.

Tragedi MALARI (Malapetaka 15 Januari 1974)  terjadi disebabkan memuncaknya rasa kecewa di berbagai lapisan masyarakat, yang dipelopori oleh gerakan kampus atas berbagai kebijakan Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto yang dinilai banyak menyimpang dari cita-cita murni ORBA, terjadinya dominasi ekonomi Jepang di Indonesia, yang menimbulkan kesenjangan sosial dan ekonomi, lalu keberadaan OPSUS dan ASPRI Presiden yang dinilai sering kali melangkahi prosedur pemerintahan yang berlaku serta mempunyai kekuasaan terlalu besar serta terjadinya rivalitas antara Ali Moertopo (ASPRI / OPSUS) dan Jenderal Soemitro (WAPANGAB / PANGKOPKAMTIB), keadaan menjadi semakin keruh dengan adanya rencana pengajuan Rancangan Undang-Undang (R.U.U.) Perkawinan yang banyak ditentang dan tentu saja adanya oknum-oknum yang memanfaatkan situasi yang sedang memanas.

Kekecewaan ini kemudian semakin memanas di kota-kota Besar Indonesia dengan bergeraknya Dewan-Dewan Mahasiswa di berbagai kampus dengan mengundang tokoh-tokoh penting, baik sipil maupun militer.

Gerakan itu mencapai puncaknya pada saat kunjungan kerja Perdana Menteri Jepang TANAKA pada tanggal 14 - 17 Januari 1974, dimana mahasiswa mengadakan unjuk rasa besar-besaran dan memaksa dialog dengan Tanaka. Gerakan unjuk rasa ini kemudian meluas melibatkan berbagai unsur dalam masyarakat,  dan juga ikut ditunggangi juga oleh para kriminal, hingga akhirnya gerakan menjadi tak terkendali lagi. Lalu terjadilah kerusuhan besar yang disertai gerakan rasial, yang disertai penggedoran, dan penjarahan yang terutama terjadi di pusat-pusat ekonomi / bisnis jakarta, antara lain pertokoan dan perusahaan-perusahaan yang memasarkan produk Jepang.
Daerah / wilayah yang menjadi sasaran amuk massa antara lain Proyek Senen, Jalan Thamrin, Sudirman, Pecenongan, Jl. Gajah Masa dan lain-lain.

Buku ini membeberkan apa yang sebenarnya terjadi, baik itu latar belakang peristiwa, situasi menjelang kejadian, saat kejadian berlangsung dan apa yang dialami oleh penulis dan kawan-kawan, serta tokoh lain yang dianggap sebagai para pelaku kerusuhan itu.

Dalam buku ini selain membahas peristiwa MALARI, penulis juga menceritakan riwayat hidup singkat para tokoh yang yang terlibat.

SPESIFIKASI :
- Buku baru bersegel.
- Soft cover.
- Dilengkapi beberapa foto.
- Penerbit Yayasan Penghayat Keadilan.
- CETAKAN PERTAMA, Januari 2011.
- 454 halaman.
- 15 x 23 cm.


 HARGA @ Rp 300.000, - (FIX) , BELUM TERMASUK ONGKOS KIRIM. 

UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN MENGHUBUNGI TREEHOUSE KULAMA 081586008604 (SMS / WA / LINE). 

UNTUK MELIHAT KOLEKSI LENGKAP KAMI, SILAHKAN MENG "KLIK" SITUS BERIKUT : 

www.bukusejarah.com 
www.bukukoleksi.com 
www.bukujadul.com 
bukusejarahdanbiografi.blogspot.co.id 
bukumajalahjadul.blogspot.co.id 
bukug30spki1965.blogspot.co.id 
bukusejarahg30s.blogspot.co.id 
bukubudayajawa.blogspot.co.id 
bukubonsai.blogspot.co.id  
bukusastrapopuler.blogspot.co.id 
bukusiliwangi.blogspot.co.id 
integrasitimortimur.blogspot.co.id 
jualbukupenting.blogspot.co.id 
sepatukudabekas.blogspot.co.id
pasukankomando.blogspot.co.id

MAAF, KAMI TIDAK MELAYANI TRANSAKSI SECARA COD.