Rabu, 20 Juli 2016

TITIPAN SIAUW GIOK TJHAN

BUKU MULAI LANGKA " SIAUW GIOK TJHAN, PERJUANGAN SEORANG PATRIOT MEMBANGUN NASION INDONESIA DAN MASYARAKAT BHINEKA TUNGGAL IKA ", KARYA SIAUW TIONG DJIN.

Siauw Giok Tjhan adalah Ketua Badan Permusyawaran Kewarganegaraan Indonesia (BAPERKI), yang ditangkap oleh Pemerintah ORBA dengan tuduhan terlibat dalam peristiwa G30S/PKI.
Beliau ditahan dan diperiksa dari Rumah Tahanan / Penjara yang satu ke Rumah Tahanan lain, mulai dari Penjara Salemba, lalu ke sebuah Kamp di Kebayoran Lama, kemudian ke Rumah Tahanan Militer di Jl. Dr. Sutomo (dekat Lapangan Banteng), kemudian dipindahkan ke Penjara Nirbaya, lalu kembali lagi ke Salemba.

Selama masa penahanan itu beliau menjalani pemeriksaan yang berlarut-larut dan kadang dihentikan, kemudian dilanjutkan lagi dengan proses yang melelahkan. Namun tidak ada satupun bukti maupun saksi yang dapat membuktikan keterlibatan beliau dalam Pemberontakan G30S/PKI, sehingga beliau tidak pernah diadili dan dan tidak pernah terbukti bersalah.
Berdasarkan kesaksian beberapa tokoh selama, berkarir dalam dunia politik beliau selalu bersikap netral sekalipun memang benar banyak anggota BAPERKI yang menjadi anggota dan simpatisan PKI.

Kenetralannya dapat dibuktikan dengan penerimaan beberapa tokoh negara yang menjadi sahabatnya, bahkan dengan statusnya sebagai TAPOL, contohnya ketika namanya dimasukkan dalam daftar nama TAPOL yang akan dikirimkan ke Pulau Buru, Ny. Siauw mengunjungi Adam Malik / Menteri Luar Negeri untuk meminta bantuannya dan juga mengunjungi sahabat baiknya Mursalin / Menteri Perhubungan dan terbukti beliau tidak pernah dikirim ke Pulau Buru, bahkan sejak saat itu Adam Malik seringkali memerintahkan staf RSPAD menjemput beliau untuk diperiksa kesehatannya.

Pada bulan September 1975, Siauw Giok Tjhan diijinkan pindah dari Salemba ke rumahnya dengan status Tahanan Rumah, dengan kewajiban lapor diri seminggu sekali dan tidak diperkenankan bepergian dan menerima kunjungan tamu.

Namun beliau membangkang dengan mengunjungi teman-temannya yang membantunya selama di penjara, termasuk mengunjungi Adam Malik, Mursalin, Sudibjo dan Sultan Hamengku Buwono IX, dia juga mulai menghadiri acara-acara yang diselenggarakan Angkatan 45 tanpa pernah dipersoalkan statusnya sebagai Eks TAPOL.

Pada Agustus 1978, Siauw secara resmi dibebaskan , sekalipun beliau tidak pernah terbukti bersalah namun KTP beliau tetap diberi kode ET (Eks TAPOL).

Sehubungan dengan kesehatannya yang memburuk, salah seorang anaknya yang menjadi dokter di Amsterdam memintanya ke sana dan lagi-lagi Adam Malik membantunya dengan memberi ijin untuk meninggalkan Indonesia.

Namun selama berada di Belanda beliau kembali aktif dalam ceramah-ceramah, pengumpulan dana bagi para Tapol, menjadi sumber berita, aktif bersama LSM-LSM yang ada di Eropa mendorong pembebasan para TAPOL, sebagai akibatnya beliau tidak memperoleh Perpanjangan Pasport, dengan demikian beliau berstatus " PELARIAN POLITIK ", namun beliau TIDAK PERNAH MENINGGALKAN KEINDONESIAANNYA (Mungkin Adam Malik dimarahi Soeharto waktu itu ??????).

Pada tanggal 20 NOVEMBER 1981, beberapa menit sebelum Siauw berpidato di hadapan para ahli Indonesia di Universitas Leiden, beliau meninggal karena serangan jantung.

CATATAN :

Siauw Giok Tjhan adalah pendiri Universitas BAPERKI yang kemudian menjadi Universitas RES PUBLICA, yanmg kemudian dihancurkan setelah meletusnya peristiwa G30S/PKI, yang kemudian dibangun kembali dengan nama UNIVERSITAS TRISAKTI.

S P E S I F I K A S I :

- Buku simpanan / bekas.
- Kondisi masih bagus.
- Karya Siauw Tiong Djin anak dari Siauw Giok Tjhan.
- Penerbit Hasta Mitra.
- CETAKAN PERTAMA, 23 Maret 1999.
- 451 halaman.
- Ukuran 13,6 x 20 cm.


HARGA Rp 450.000,-- FIX, BELUM TERMASUK ONGKOS KIRIM.

 HARGA Rp 2.500.000, - (FIX) , BELUM TERMASUK ONGKOS KIRIM. 


UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN MENGHUBUNGI TREEHOUSE KULAMA 081586008604 (SMS / WA / LINE). 

UNTUK MELIHAT KOLEKSI LENGKAP KAMI, SILAHKAN MENG "KLIK" SITUS BERIKUT: 

www.bukusejarah.com 
www.bukukoleksi.com 
www.bukujadul.com 
bukusejarahdanbiografi.blogspot.co.id 
bukumajalahjadul.blogspot.co.id 
bukug30spki1965.blogspot.co.id 
bukusejarahg30s.blogspot.co.id 
bukubudayajawa.blogspot.co.id 
bukubonsai.blogspot.co.id 
bukukopassus.blogspot.co.id 
bukusastrapopuler.blogspot.co.id 
bukusiliwangi.blogspot.co.id 
integrasitimortimur.blogspot.co.id 
jualbukupenting.blogspot.co.id 

MAAF, KAMI TIDAK MELAYANI TRANSAKSI SECARA COD.